.




Sabtu, 30 Maret 2013

PRESENT CONTINUOUS TENSE

Sejauh ini kita telah membahas 6 tenses pokok berikut sedikit pernak-perniknya, berarti utang pembahasan saya tinggal 6 tenses lagi plus 4 tenses tambahan (4 tenses terakhir kita bahas sekilas saja krn jarang digunakan). Tulisan-tulisan sebelumnya sudah saya pindahkan juga ke blog ini :

http://www.ganjarpurnama-justshare.blogspot.com/

Selama proses pemindahan, beberapa bagian yg saya pikir ada kesalahannya saya edit kembali, sebagian lainnya tinggal kopi paste. Jika pembaca menemukan kesalahan dlm pemahaman saya, salah ngasih contoh, tidak relevan, kurang tobenya, salah word ordernya, kurang hurufnya, dan lain-lain kesalahan lainnya, boleh kirm pesan via inbox (personal message), dgn senang hati akan saya betulkan. Jangan biarkan yg salah terlanjur tersebar sbg kesalahan, segara CUT!.

Sekedar merefresh kita lihat kembali matriksnya, posisi kita sekarang di mana :

Simple Tenses Perfect Continuous
1 Present 4 (10) 7 (10)
2 Past 5 (11) 8 (11)
3 Future 6 (12) 9 (12)


7. Present Continuous Tense

Ciri pokok tenses ini adalah ada: tobe + Verb-ing. Waktu kelas 7 atau 8 SMP mungkin pengetahuan kita baru tahu sebatas Verb-ing itu menunjukan tenses continuous, sayangnya sebagian orang pengetahuannya tidak berubah ^ _ ^ (ketika bertemu bentuk verb-ing yg kebayang langsung: ini tenses continuous, jadi nerjemahkannya aneh). Baiklah, kita berikan contoh berikut:

Anton: “Swimming is my hobby, and I like swimming in the swimming pool, and I’m swimming right now!”

Dalam contoh ini, Verb-ing yang menunjukan tenses continous hanya bagian akhir : I’m swimming now. Verb-ing yg sebelumnya sama sekali bukan menunjukan tenses continuous. Verb-ing yang pertama adalah gerund, yang kedua objek (gerund juga), yang ketiga participial.

Disamping itu, ada beberapa Verb yg tidak mengandung makna dalam keadaan berlangsung. Misal verb-verb yang berhubungan dengan: Indra, Emosi, Mental, Kepemilikan, Keberadaan. Nanti kita berikan contoh-contohnya.

#1. Fungsinya,

Menjelaskan suatu tindakan yang dimulai pada waktu lalu, berlangsung pada saat ini, dan kemungkinan berakhir pada suatu saat di masa depan. Penekanan pengungkapannya adalah pada saat berlangsungnya tindakan tersebut. Saya menyebutkan tindakan saja, dan tidak menyebutkan keadaan. Karena sekali lagi kata kerja yg berhubungan dgn keadaan tdk ada bentuk Verb-ing nya. Yuk, kita lihat dulu Rumusnya :

#2. Rumusnya,

S+tobe+Verb-ing+Keterangan, kalimat negative tinggal tambah not setelah tobe, kalimat Tanya; tobenya pindahkan ke depan.

Contoh : I’m typing right now. Ini contoh paling sederhana. Asalnya diam, terus merenung, terus memijit-mijit keyboard, mungkin beberapa saat berikutnya selesai mengetik. Penekanan ungkapannya adalah pada saat berlangsungnya tindakan mengetik. Saya sedang mengetik sekarang. Mengapa penjelasannya jd panjang begini?. Karena kita boleh mengungkapkan present continuous misal dalam contoh berikut :

Andrea Hirata is writing a new novel this year. Proses penulisannya misal dimulai pada bulan Januari 2011, sekarang belum rampung, diperkirakan novel terbarunya tersebut selesai pada bulan Desember 2011. Jadi, ketika saya mengungkapkan Andrea Hirata is writing a new novel this year, tidak berarti bahwa pada saat ini Andrea Hirata sedang duduk di mejanya lagi tak-tik-tuk mengetik naskah novelnya. Saya mengungkapkan proses berlangsungnya. Atau misalnya, Saya sedang mengambil kursus tiga bahasa: Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, dan Bahasa Perancis pada tahun ini. I’m taking three foreign language courses this year. Kan tidak berarti pada jam ini saya lagi kursus. Penekannannya pada proses sedang berlangsungnya itu; di mulai pada waktu lalu, sekarang dalam proses, nanti berakhir pada saat tertentu di masa depan.

Ok, Lanjut!
Di atas disebutkan beberapa verb yg berhubungan dgn indra, mental, emosional, kepemilikan, keberadaan, tidak mempunyai makna dalam keadaan berlangsung. Kalaupun ada bentuk Verb-ing nya, maknanya berbeda dari makna verb aslinya. Biar lebih jelas, kita lihat contohnya:

Verb yang berhubungan dgn Indra :
Taste = rasa , Jamblang’s food tastes delicious. Bentuk continuosnya beda maknanya dgn verb aslinya, misal dibuat verb-ingnya. The tourists are tasting Jamblang’s food. (Turis-turis itu sedang mencicipi Nasi Jamblang).
See = melihat. I see a monkey in Palutungan. The doctor is seeing a new patient (dokter itu sedang memeriksa pasien baru).
Smell = aroma. These roses smell good. Aroma mawar ini enak. Dina is smelling roses. Dina sedang menciumi aroma mawar.
Begitu juga dengan feel. Feel rasa, berbeda maknanya dgn merasakan.
Hal yang sama dgn hear tdk memiliki makna continuous.

Verb yang berhubungan dgn emosi, tdk ada bentuk continuousnya; Love, care, like, dislike, appreciate, hate, envy (iri), fear, mind. Dan verb-verb sejenis ini. Misalnya, saya sedang cinta sama dia. Kan tidak diungkapkan I’m loving her. Contoh lagi, saya sedang suka belajar. Kan tidak diakatakan: I’m liking studying.

Verb yang berhubungan dgn Mental, tidak ada bentuk continuousnya : believe, doubt, need, forget, realize, know etc. Saya sedang butuh makanan. I’m needing foods. SALAH.

Verb yg berhubungan dgn keberadaan : exist, include, contain, consist of. Tidak ada bentuk continuousnya. Ada bentuk Verb-ing nya tapi maknanya berbeda dari makna asal. Contoh ; weigh = berat. A big stone is heavy. It weighs a lot. Batu besar itu berat. Beratnya sangat. Bandingkan : Andi is weighing sugar. Andi sedang menimbang gula.

Atau contoh lain verb yang menunjukan keberadaan, saat diberi tambahan –ing maknanya berbeda dari makna asal. Misalnya be.

Saya sedang sendiri. Coba bikin dalam continous. Tidak ada kan. Saya sedang sendirian, atau saya sendirian (tanpa ada sedangnya), diungkapkan sama : I’m alone.

Verb yang berhubungan dengan kepemilikan, misalnya: have, possess, belong, own. Tidak ada bentuk contiuousnya. Kalaupun ada bentuk Verb-ing nya, maknanya berbeda dgn makna asalnya. Misalnya, Izza has a Daihatsu car. Beda maknanya dengan ini kan : Izza is having chat.

Ada lagi, kalau adjective sebelumnya diikuti oleh being maknanya temporary. Tanpa being maknanya permanen. Contoh :

I’m being smart. Maknanya temporary, pada saat tertentu kelihatan cerdas. Misalnya ada masalah pelik, karena kepepet tiba-tiba muncul ide gila yg mengubah keadaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pada saat itu I’m being smart. Beda halnya kalau saya mengatakan I’m smart. Ini artinya, cerdas adalah karakter permanen saya (wuiih jadi nyombong ^_^).

Contoh lagi : Israel is foolish. Karakter permanen Israel adalah ya begitu ghodiyah alias stupid!
kalau nyebut I’m being foolish. Karakter aslinya ga bodoh, karena grogi jadi kelihatan b*d*h ^ _^.
1. Contoh Percakapan di Restoran dalam Bahasa Inggris - sekolah oke
bahasa inggris pintar modern jambi.sekolahoke.bahasa inggris pintar modern jambi/.../contoh-percakapan-di-restoran-dal...
15 Feb 2012 – Contoh Percakapan di Restoran dalam Bahasa Inggris - Blog Pendidikan Untuk Guru dan Siswa.
2. Percakapan Bahasa Inggris di Restoran
bahasa inggris pintar modern jambi.englishfirst.bahasa inggris pintar modern jambi › Percakapan Bahasa Inggris
20 Mar 2013 – Contoh percakapan dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan direstoran.
3. Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris di Restoran Tentang ...
conversationtube.wordpress.bahasa inggris pintar modern jambi/.../contoh-dialog-percakap...
20 Jul 2011 – Dialog percakapan bahasainggris di restoran, gambarannya begini lihat di tkp.. Makan-makan ah di restoran, lu yang pesen ya soalnya gua ...
4. Percakapan Bahasa Inggris Memesan Meja di Restoran | Belajar ...
bahasa inggris pintar modern jambi.belajarbahasainggrisyuk.bahasa inggris pintar modern jambi/percakapan-bahasa-ingg...
15 Jul 2012 – Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris Melalui Telepon. Conversation Bahasa Inggris lewat ... Dialog Bahasa Inggris Reservasi Restoran ...
5. BBC Indonesia - Bahasa Inggris - Phrases in the restaurant
bahasa inggris pintar modern jambi.bbc.co.uk/.../bahasa_inggris/.../110705_ebyr_beginne...
5 Jul 2011 – Seri Beginner English adalah program pelajaran bahasa Inggris ...Inggris yang bisa Anda pakai, seperti dalam contoh percakapan berikut: ...
6. Dialog Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang — Blogs, Pictures, and ...
en.wordpress.bahasa inggris pintar modern jambi/.../dialog-percakapan-bahasa-inggris-2-o...
anonymous wrote 4 months ago : Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris di Restoran, percakapan sebelum memesan makanan. Dua karakte … more → ...
7. Percakapan Bahasa Inggris di Restoran Sunda Kang Asep | Belajar ...
bahasa inggris pintar modern jambi.belajaringgris.net/percakapan-bahasa-inggris-di-restor...
30 Okt 2012 – 2 karyawan sebuah perusahaan swasta terlibat percakapan bahasa inggris di restoran saat sedang istirahat siang. Mereka menggunakan ...
8. Make You Smile: Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris 4 ...
alanhendrawan.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi/.../contoh-dialog-percakapan-...
Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris 4 Orang di Restoran (giving). Posted by Alan Hendrawan on 22.35 in English | 4 bahasa inggris pintar modern jambiments ...
9. Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang di Restoran ...
► 0:39► 0:39
bahasa inggris pintar modern jambi.youtube.bahasa inggris pintar modern jambi/watch?v=3mbZQdb-G1Q
8 Nov 2012 - Diunggah oleh Dhanuell MA
Contoh Dialog Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang diRestoran tentang (Memesan Makanan). Like ...
10. Video lainnya untuk contoh percakapan bahasa inggris di restoran »
11. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Di Restoran | Direktori Artikel
bahasa inggris pintar modern jambi.duniaremaja.net › ArsipBagikan
Informasi tentang contoh percakapan bahasa inggris di restoran dan artikel lain yang berkaitan dengan topik contoh percakapan bahasa inggris di restoran.
1. 5 alasan perlunya belajar bahasa Inggris | Masdin Site!
masdinsite.info/.../5-alasan-perlunya-belajar-bahas...
oleh Masdin Pacidda - Lainnya oleh Masdin Pacidda
14 Apr 2010 – Mungkin tidak berlebihan ketika ada yang mengatakan bahwa belajar berbahasa Inggris dengan baik bisa menjadi hal terbaik yang dapat ...
2. Belajar Pronunciation Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah ...
bahasa inggris pintar modern jambi.rahasiapronunciation.bahasa inggris pintar modern jambi/
login. Jika Anda Pusing belajar bahasa inggris dan sudah mengikuti kursus-kursus bahasa inggris sedangkan sampai detik ini Anda masih tetap tidak bisa ...
Anda telah mengunjungi laman ini 2 kali. Kunjungan terakhir: 13/03/13
3. Bahasa Inggris - BBC Indonesia
bahasa inggris pintar modern jambi.bbc.co.uk/indonesia/bahasa_inggris/
2 hari yang lalu – Belajar bahasa Inggris melalui dua berita BBC tentang upacara menjelang paskah di bawah pimpinan Paus Fransiskus dan serangan atas ...
4. Belajar Bahasa Inggris Mandiri
belajarbahasainggrismandiri.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi/
2 hari yang lalu – BAHASA INGGRIS ITU PENTING TAPI TIDAK SULIT.Blog ini memuat cara belajar Bahasa Inggris bagi siapa saja secara mandiri.Posting ...
5. Kamus Bahasa Inggris Online - Kamus Inggris Indonesia
kamusbahasainggris.bahasa inggris pintar modern jambi/
Sama seperti belajar silat, atau main alat musik, nyanyi, dsb. belajar bahasa Inggris juga harus dilakukan secara rutin. Jika ada kata / vocabulary yang baru dan...
Translate kalimat dari bahasa ... - Download - Widget - About
6. Mengapa Kita Belajar Bahasa Inggris
englishland.or.id/04-readings/001-mengapa_belajar.htm
Ada 1.5 milyar orang berbicara dalam bahasa Inggris dan ada 1 milyar lagi yang sedang mempelajarinya. Hampir semua konferensi dan event olahrage ...
7. tujuan dan manfaat bahasa inggris
indonesiaindonesia.bahasa inggris pintar modern jambi › Sekolah & Pelajaran Sekolah
tujuan dan manfaat bahasa inggris - Sekolah & Pelajaran Sekolah. ... Belajar online bersama disini mengerjakan soal pelajaran atau PR, belajar bersama ...
8. Belajar Bahasa Inggris di EF English First
bahasa inggris pintar modern jambi.englishfirst.bahasa inggris pintar modern jambi/.../belajar-bahasa-inggris.aspx
20 Mar 2013 – Belajar Inggris di sekolah bahasa terbesar dunia. Belajar Inggrismenggunakan metode efekta dengan fasilitas pendukung terkini.
9. 5 Alasan Mengapa Harus Menguasai Bahasa Inggris - Wall Street ...
bahasa inggris pintar modern jambi.wallstreet.ac.id/.../5-alasan-mengapa-harus-menguasai...
Dalam belajar Bahasa Inggris, kita dituntut untuk menguasai Gerund dengan baik. Senin, 28-01-2013. Salah satu prinsip sederhana dalam menguasai bentuk ...
10. 10 Cara Mudah Untuk Belajar Bahasa Inggris - Arham Vhy
arhamvhy.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi › TipsBagikan
Diulas oleh Arham Sukardi
3 Jul 2012 – Inilah 10 Cara Mudah dan Cepat Untuk Pintar Belajar Bahasa Inggris
1. Belajar bahasa Inggris - Kata Dasar
bahasa inggris pintar modern jambi.languagehelpers.bahasa inggris pintar modern jambi/106/178-3/kata-dasar.html
INDONESIA, BAHASA INGGRIS. Satu, One. Dua, Two. Tiga, Three. Empat (4), Four (4). Empat, Four. Lima, Five. Enam, Six. Tujuh, Seven. Delapan, Eight ...
2. Kata Dasar Dalam Bahasa Inggris | Belajar Grammar
belajargrammar.net/search/kata-dasar-dalam-bahasa-inggris
8 Mar 2013 – Kata, Frasa Dan Kalimat Dalam Bahasa Inggris Yang Perlu Diketahui.Dasar atau basic dalam bahasa inggris adalah kata, frasa dan kalimat.
3. Kata dasar - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
id.wikipedia.org/wiki/Kata_dasar
Kata dasar (bahasa Inggris: word stem) adalah kata yang menjadi dasar bentukankata yang lebih besar. Dalam bahasa Indonesia, jual adalah kata dasar dari ...
4. Langhub.bahasa inggris pintar modern jambi - Belajar Bahasa Inggris - Kalimat-kalimat dasar ...
indonesian.langhub.bahasa inggris pintar modern jambi/id-en/content/view/86/30/
Belajar bahasa Inggris dengan Langhub.bahasa inggris pintar modern jambi! Gratis mp3 audio dan mp4 video file sebagai penunjang sarana belajar bahasa Inggris, percakapan maupun ...
5. Bagian-Bagian Tata Bahasa Inggris | Belajar Bahasa Inggris
bahasainggris.net/.../02-bagian-bagian-tata-bahasa-inggris
Tanpa dasar-dasar tata bahasa inggris (english grammer) yang kuat, maka kemampuan ... Kata benda atau bahasa inggrisnya NOUN tentu saja apa saja yang...
6. Belajar Bahasa Inggris Online Gratis
belajarbahasainggrisonlinegratis.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi/.../belajar-ba...
Part of Speech in English (Jenis-jenis kata dalam bahasa Inggris) ... Kami Telah Mengumpulkan Semua Materi-Materi Tingkat Dasar I s/d intermediate, Advance ...
7. Kamus Bahasa Inggris Kata Kerja
bahasa inggris pintar modern jambi.jonsay.co.uk › Kamus Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. kata kerja, verb. bangun, arise. bangun, wake. batuk, cough. bekerja, work. belajar, learn. belajar, study. berakhir, end ...
8. Rumus 4 Pola Kalimat Dasar Bahasa Inggris - Referensi-referensi ...
referensi-menarik.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi/.../rumus-4-pola-kalimat-da...
23 Mar 2009 – Pola Kalimat Dasar (PKD) I adalah pola kalimat yang memuat katabenda subyek dan diikuti kata kerja. Deskripsi tersebut dapat digambarkan ...
9. kata dasar - Terjemahan bahasa Inggris - kamus bab.la
bahasa inggris pintar modern jambi.babla.bahasa inggris pintar modern jambi/bahasa-indonesia-bahasa-inggris/kata-dasar
Terjemahan untuk 'kata dasar' dalam kamus bahasa Inggris gratis. Lebih banyak terjemahan bahasa Inggris untuk: kata, dasar.
10. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Les / Kursus ...
earlyal-hafizh.bahasa inggris pintar modern jambi.bahasa inggris pintar modern jambi/.../cara-cepat-belajar-bahasa-in...Bagikan
17 Jun 2012 – Pelajari dulu cara mengucapkan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar ...


Semoga Bermanfaat untuk sahabat pembaca PRESENT CONTINUOUS TENSE

Artikel Terkait

0 komentar :